Monday, February 13, 2017

RPP PKn SISTEM PEMBAGIAN KEKUASAAN PEMERINTAH NEGARA, KEMENTERIAN NEGARA DAN PEMERINTAHAN DAERAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    : SMA
Mata Pelajaran   : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester  : XI/1 (Ganjil)
Materi Pokok     : Sistem Pembagian Kekuasaan Pemerintahan Negara, Kementrian
                            Negara, dan Pemerintahan Daerah
Alokasi Waktu   : 1 × 2 JP (2 × 45 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2.      Mengolah, menalar, dan menguji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mengenakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.      Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementrian negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan pengertian pemerintahan dalam arti luas.
2.      Menjelaskan pengertian pembagian kekuasaan dalam pemerintahan di Indonesia.
3.      Mengklasifikasikan pembagian kekuasaan negara menurut ahli.
4.      Mengklasifikasikan pembagian kekuasaan negara Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
5.      Merancang bagan pembagian kekuasaan negara Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
6.      Mengidentifikasikan tugas dan wewenang dari setiap lembaga pemerintahan di Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, membaca referensi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat :
1.      Menjelaskan pengertian pemerintahan dalam arti luas
2.      Menjelaskan pengertian pembagian kekuasaan dalam pemerintahan di Indonesia.
3.      Menunjukkan macam-macam pembagian kekuasaan negara menurut ahli.
4.      Menunjukkan macam-macam pembagian kekuasaan negara Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebelum dan sesudah amandemen.
5.      Membentuk bagan pembagian kekuasaan negara Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebelum dan sesudah amandemen.
6.      Menghayati tugas dan wewenang dari setiap lembaga pemerintahan di Indonesia dalam diri masing-masing.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Pemerintahan
2.      Pengertian Pembagian Kekuasaan
3.      Bentuk Kekuasaan Negara
4.      Pembagian Kekuasaan Negara Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

F.     Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan   : Saintifik
2.      Strategi         : Artikulasi
3.      Metode         : Ceramah, Inqury and Discovery Based Learning, diskusi, tanya jawab,
dan penugasan.

G.    Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Buku Paket
2.      Internet
3.      LKPD
4.      White Board
5.      Spidol
6.      Proyektor
7.      Layar Proyektor
8.      Karton
9.      Kertas
10.  Doubletipe
11.  Alat Pembelajaran


H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, dan berdo’a sebelum memulai pelajaran.
2.      Guru mengabsen kehadiran siswa dan mengkondisikan siswa agar siswa siap belajar
3.      Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan disampaikan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Pemerintahan Negara Republik Indonesia.
4.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran.
5.      Untuk mendorong motivasi, guru memperlihatkan media belajar yang mendukung pembelajaran.
10 menit

Inti
Mengamati
1.      Membaca, menyimak dan menelaah media pembelajaran dari power point yang telah disediakan guru sesuai dengan materi.
2.      Mendengarkan penjelasan guru mengenai pengertian pemerintahan dan pembagian kekuasaan.
3.      Menganalisis macam-macam bentuk kekuasaan negara menurut ahli.
4.      Menganalisis bagan pembagian kekuasaan menurut UUD NRI Tahun 1945, sebelum dan sesudah amandemen.
Menanya
5.      Mempertanyakan tentang perbedaan yang terdapat dalam bagan.
Mengeksperimen
6.      Membentuk kelompok untuk mendiskusikan tugas dan wewenang dari lembaga-lembaga kekuasaan pemerintahan.
7.      Menyusun tugas dan wewenang dari lembaga-lembaga yang telah diacak kemudian diurutkan sesuai dengan lembaga yang bersangkutan.
Mengasosiasikan
8.      Menyebutkan dan menjelaskan tugas dan wewenang lembaga kekuasaan pemerintahan negara sesuai bagian yang ditugaskan.
Mengkomunikasikan
9.      Menyampaikan hasil temuan dan diskusi kelompok.

60 menit
Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan.
3.      Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.      Guru memberikan penguatan.
5.      Guru menyampaikan sekilas materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
6.      Guru memberikan penugasan yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
20 menit

I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
v  Penilaian
1.      Tugas
-        Secara berkelompok hasil diskusi tentang tugas dan wewenang lembaga kekuasaan negara dan hasil analisisnya.
-        Ketepatan dalam menyusun dan mengurutkan tugas dan wewenang sesuai dengan lembaga yang bersangkutan
-        Diskusi kelompok membahas hasil pencarian dan analisisnya.
-        Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas (dalam bentuk menyusun dan mengurutkan tugas dan wewenang sesuai dengan lembaganya).
-        Individual dengan mengerjakan soal sebagaimana terlampir dalam modul atau LKPD.

2.      Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individual tentang Pembagian Kekuasaan Pemerintahan Indonesia.


v  Prosedur Penilaian
No.
Aspek yang di Nilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Afektif
a.       Mensyukuri anugerah Tuhan YME
b.      Menghargai pendapat orang lain
c.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
d.      Kritis dalam proses pemecahan masalah
e.       Bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
f.       Mengumpulkan tugas tepat waktu
g.      Mengurutkan susunan dengan sesaui bagian
Pengamatan
Selama pembelajaran dan pada saat diskusi.
2.
Kognitif
Pertemuan ke-1
a.       Pengertian Pemerintahan
b.      Pengertian Pembagian Kekuasaan
c.       Bentuk-bentuk Kekuasaan Negara
d.      Pembagian Kekuasaan Negara menurut UUD NRI Tahun 1945
Tes Tertulis
Penyelesaian Soal Individu
3.
Keterampilan
a.       Terampil dalam menyajikan dan mempresentasikan hasil diskusi
b.      Terampil memaparkan hasil diskusi
c.       Terampil membuat dan menyusun bagan.
Pengamatan
Selama proses pembelajaran

v  Bentuk Instrumen Penilaian Hasil Belajar
1.      Apektif
Pertanyaan
Aktivitas yang dilakukan
SLL
SRNG
JRG
TP
a.       Mensyukuri anugerah Tuhan YME
b.      Menghargai pendapat orang lain
c.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
d.      Kritis dalam proses pemecahan masalah
e.       Bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
f.       Mengumpulkan tugas tepat waktu
g.      Mengurutkan susunan dengan sesaui bagian




Keterangan :
Aspek yang di nilai
Pernyataan Positif
Pernyataan Negatif
SLL   : Selalu
4
1
SRG  : Sering
3
2
JRG   : Jarang
2
3
TP     : Tidak Pernah
1
4

2.      Kognitif
Tes Tertulis (15 menit)
Jawablah petanyaan di bawah ini dengan benar !
Aspek yang di nilai
Skor
1.      Sebutkan pengertian pemerintahan dalam arti luas !
2.      Sebutkan pengertian pembagian kekuasaan di Indonesia!
3.      Jelaskan macam-macam bentuk kekuasaan negara menurut John Locke!
4.      Sebutkan lembaga yang berfungsi untuk menjalankan undang-undang!
5.      Buatlah bagan pembagian kekuasaan negara Indonesia menurut UUD NRI Tahun 1945, sebelum dan sesudah amandemen!

Kriteria penilaian :
4   = jawaban sangat lengkap
3   = jawaban lengkap
2   = jawaban kurang lengkap
1   = jawaban tidak lengkap

Aspek yang di nilai
Soal Pilihan Ganda
Terlampir
Soal Essai
Terlampir
Jawaban
Terlampir

Penilaian Unjuk Kerja
a.       Buatlah kelompok yang beranggotakan 2-3 orang
b.      Mencari tugas dan wewenang lembaga kekuasaan negara sesuai lembaga yang ditugaskan
c.       Analisis dan diskusikan tugas dan wewenang tersebut
d.      Menyusun dan mengurutkan tugas sesuai dengan bagian yang ditentukan (formatan acak)
e.       Ketepatan dalam menyusun dan mengurutkan menjadi bahan penilaian bagi grup
Bubuhkan tanda (    ) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No.
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/strategi pemecahan masalah
KA
A
SA
1.




2.




3.




4.




5.




Keterangan :                                                        Skor :
KA         : Kurang Aktif                                                1
A            : Aktif                                                 2
SA          : Sangat Aktif                                     3



Mengetahui,
Kepala Sekolah,



Dr.                           , M.Pd.
NIP
Bandung, 28 April 2016
Guru PPKn,



Ina Kumalasari, S.Pd.
NIP




Lampiran

FORMAT PENILAIAN LAPORAN HASIL PENUGASAN
(PORTOFOLIO)

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas                           : XI
Materi Pokok              : Sistem Pembagian Kekuasaan Pemerintahan Negara          
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor Rata-rata
Nilai
Visual
Ketelitian
Kejujuran
Penyajian
data
Jumlah
Pertanyaan
1.








2.








3.








4.








5.












LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)

Materi Pokok : Sistem Pembagian Kekuasaan Pemerintahan Negara

Nama:  …………………………………….                       Semester :…………………….
Kelas :.…………………………………….                       Nilai         :……………………

UJI KOMPETENSI
KEGIATAN BELAJAR 1

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar!                                                                 (Memahami)
1.      Menurut John Locke badan yang bertugas membuat ndang-undang menurut pembagian kekuasaan adalah…..
a.       Legislatif
b.      Konstitusi
c.       Presiden
d.      Eksekutif
e.       Yudikatif
2.      Hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah adalah contoh pembagian kekuasaan secara …..
a.       Merata
b.      Vertical
c.       Terpisah
d.      Horizontal
e.       Distributive
3.      Tujuan pembagian kekuasaan dengan konsep trias politika adalah …..
a.       Menghindari tindakan sewenang-wenang penguasa dan menjamin kemerdekaan rakyat
b.      Membatasi pemerintahan
c.       Membatasi ruang gerak politik masyarakat
d.      Memperkuat lembaga negara
e.       Mewujudkan pemerintahan yang demokratis
4.      Pada era (sebelum amandemen), MPR merupakan lembaga negara……
a.       Di bawah Presiden
b.      Di atas Presiden
c.       Di bawah DPD
d.      Tertinggi
e.       Terendah
5.      Setelah amandemen, ada 1 lembaga yang dihapuskan karena dianggap tidak efektif dalam menunjang pemerintahan, yakni lembaga ……
a.       DPR
b.      MA
c.       DPA
d.      MPK
e.       Wakil Presiden

B.     Jawablah pertanyaan berikut dengan lenkap, benar dan jelas!                      (Menghafal)
1.      Sebutkan pengertian pemerintahan dalam arti luas !
2.      Sebutkan pengertian pembagian kekuasaan di Indonesia!
3.      Jelaskan macam-macam bentuk kekuasaan negara menurut John Locke!
4.      Sebutkan lembaga yang berfungsi untuk menjalankan undang-undang!
5.      Buatlah bagan pembagian kekuasaan negara Indonesia menurut UUD NRI Tahun 1945, sebelum dan sesudah amandemen!

C.    Applying                                                                                                             (Menerapkan)
Coba anda teliti mengenai pembagian kekuasaan pemerintahan di daerah anda! Kemudian analisis dan cari tugas-tugas dan wewenang dari masing-masing lembaga yang ada. Masing-masing 5!


D.    Analizing                                                                                                             (Menganalisa)
Buatlah bagan pembagian kekuasaan di Indonesia menurut UUD NRI Tahun 1945, sebelum dan sesuadah amandemen. Analisalah menurut kelompok tentang perbedaan yang terdapat dalam bagan tersebut, dan berikan alasannya!


E.     Evaluating                                                                                                         (Mengevaluasi)
Diskusikan dengan kelompok!
Bagaimana pendapat kelompok, apabila Presiden dalam menjalankan tugasnya tidak sesuai dan atau melanggar peraturan perundang-undangan? Hal apa yang pantas diberikan kepada Presiden? Kemukakan alasannya!
Buatlah argumen sebanyak 5 pernyataan.


F.     Creating                                                                                                                    (Membuat)
Buatlah bagan pembagian kekuasaan di Indoensia menurut UUD NRI Tahun 1945 sebelum dan seudah amandemen, semenarik mungkin! Dan berikan keterangan penjelas!


0 comments:

Post a Comment